Langkah Melejitkan Usaha, “Pentingnya Peka Terhadap Keluhan Konsumen”
Sabtu, Februari 09, 2019
Salam Sukses! Bagaimanakah mempertahankan
usaha yang anda rintis agar tetap eksis? Alangkah ruginya perusahaan yang anda
dirikan tanpa ada peningkatan dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, sekuat
tenaga anda perlu melejitkan usaha demi mencapai tujuan yang diharapkan atau
sesuai dengan rencana usaha. Keluhan Kosumen harus peka dan anda pastikan semua
mitra kerja menggapinya secara serius. Karena kepuasan konsumen menjadi hal
yang penting.
Dilansir dari cikupa.id https://www.cikupa.id Untuk melejitkan usaha tersebut yaitu Pentingnya
Peka Terhadap Keluhan Konsumen, sebagai berikut :
1. Simak
dengan baik keluhan konsumen
Konsumen juga manusia perlu
diperhatikan jika kurang pas terhadap produk atau layanan anda. Dengan cara
menyimak baik-baik keluhan konsumen, anda menjadi lebih peka sehingga di
kemudian hari anda lebih mampu meningkatkan mutu dan layanan kalau hari ini
menjadi produsen, rasakan pula hari ini anda berposisi sebagai konsumen
sehingga alangkah terhormatnya menyimak, semua keluhan itu sebab menjadi
motivasi untuk mengoreksi kelemahan anda.
2. Terlebih
dahulu meminta maaf
Jika terjadi kondisi yang
membuat anda merasa tidak nyaman, tidak salahnya anda terlebih dahulu memohon
maaf walaupun kesalahan lebih berat ada pada posisi konsumen. Pepatah “konsumen
adalah raja” boleh jadi merupakan landasan kuat agar konsumen lebih merasa
diingat pula, jika ada konsumen merasa dikecewakan oleh anda, cacat ini akan
menular kepada konsumen sehingga andalah yang merugi.
3. Jangan
menunda masalah
Masalah konsumen adalah masa
depan anda, omong kosong anda sebagai produsen jika tanpa kehadiran konsumen.
Oleh sebab itu, jika ada konsumen yang mengeluhkan layanan atau kualitas produk
misalnya, konsumen membeli 300 buah souvenir
dan dari jumlah itu terdapat sepuluh yang cacat/rusak, segeralah anda
reaktif dengan cara menggantinya atau memberikan tambahan lima buah dari
sepuluh produk yang rusak itu.
4. Hindari
terpancing emosi
Emosi jangan dilawan dengan
emosi. Walalupun konsumen dalam kondisi marah besar. Anda tetap tenang, santun,
dan percaya diri sebagai pengusaha profesional yang selalu mengedepankan akan
sehat. Dengan sikap tenang santun, dan profesional, emosi konsumen cepat cair
sehingga tidak sampai membekas cela di mata konsumen. Mungkin konsumen malah
segan melihat sikap anda.
5. Berpikir
positif dan lapang dada
Apapun sikap konsumen terhadap
anda, jangan dianggap sebagai cela. Anda justru perlu berterimakasih kepada
konsumen yang telah menunjukkan kelemahan anda. Koreksian atau keluhan yang
disampaikan konsumen menunjukkan mereka peduli. Tanamkan sikap berpikir positif
dan lapang dada kepada semua mitra kerja anda sehingga kepercayaan konsumen
akan tetap terpelihara.
6. Catatlah
identitas pemberi keluhan
Sebagai pengusaha profesional
yang peka terhadap konsumen, anda tidak ada salahnya menyiapkan buku keluhan
konsumen, buku ini memuat nama, alamat, dan nomor telepon konsumen, isi
keluhan, dan tanggal kejadian keluhan. Dengan pencatatan seperti ini, anda akan
terus diingatkan untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang bertautan dengan
pelayanan konsumen.
Demikian Langkah Melejitkan Usaha, “Pentingnya Peka Terhadap Keluhan
Konsumen”. Salam sukses semoga bermanfaat.