Sifat dan Sikap Orang Yang Sukses

Sifat dan Sikap Orang Yang Sukses

Kesuksesan adalah impian setiap orang di dunia ini,  oleh karena itu setiap orang akan melakukan hal apapun untuk meraih kesusksesan tersebut. Berikut ini bebera sifat dan sikap orang yang harus dilakukan jika kita ingin hidup sukses ;
1.       Rajin
Keberhasilan usaha ataupun kesuksesan seseorang tidak mungkin dapat dicapai dengan bermalas-malasan. Semua usaha membutuhkan keuletan, sampai mencapai kesuksesan dan pantang berputus asa. Ada ungkapan yang berbunyi “waktu adalah uang”. Arti dari ungkapan tersebut adalah kita harus betul-betul memanfaatkan waktu. Jangan membiarkan waktu berlalu begitu saja tanpa kegiatan kegiatan yang bermanfaat bagi diri kita.
Setiap detik waktu yang kita manfaatkan dengan penuh kesungguhan, akan membiasakan kita menjadi orang yang pandai mengahargai waktu sehingga setiap pekerjaan dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Sifat rajin juga diperintahkan kepada setiap manusia oleh sang pencipta pedagang ulet memasarkan dagangannya, petani yang bersungguh-sungguh memelihara sawahnya dan karyawan yang tekun menyelesaikan pekerjaannya. Semua akan merasakan kepuasan hasilnya dan kesuksesan untuk kebahagiaan hidup.

2.       Optimis
Optimis, artinya selalu berpengharapan baik. Optimis termasuk akhlak terpuji. Orang yang optimis selalu bersemangat dalam bekerja dan rajin saat belajar. Adanya sifat optimis dalam jiwa, akan menimbulkan semangat belajar dan bekerja. Lawan optimis adalah pesimis. Pesimis artinya tipis harapan atau kurang semangat. Seolah-olah jika melakukan sesuatu merasa tidak akan berhasil. Orang pesimis biasanya cepat putus asa. Orang yang ingin meraih kesuksesa tentu harus selalu bersikap optimis dalam menjalani kehidupan.

3.       Bertanggung Jawab
Bertanggungjawa artinya bersedia dan siap menerima setiap tugas dan kewajiban yang dibebankan kepadanya, ia akan melaksanakan tugas dan kewajiban tersebut dengan penuh rasa tanggungjawab.
Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang melakukan segala sesuatu dengan ikhlas apa yang dibebankan dan ditugaskan kepadanya. Orang  yang memiliki sikap bertanggung jawab jika diberikan tugas akan melaksanakan dengan baik dan tidak menuntut imbalan di luar yang telah ditentukan. Hal penting bagi orang yang bertanggung jawab adalah melaksanakan penuh dengan keikhlasan.

4.       Keberanian Berinisiatif
Kekuatan sebenarnya dari kesuksesan orang-orang terkenal adalah selalu mempunyai ide-ide cemerlang atau inisiatif. Misalnya, donal trump. Ia adalah contoh orang yang jenius dan berani berinisiatif. Kita tentu mengenal serial TV The Apprentice, kontes Miss Univeersity, dan online university bernama TrumpUniversity.com. semua ini lahir karena ia selalu mempunyai inisiatif perlu diketahui bahwa inisiatif adalah kekayaan semua orang, termasuk kita. Kita tinggal mau atau tidak untuk berinisiatif mengemukakan ide-ide.

5.       Tepat Waktu
Semua orang di dunia ini memiliki jumlah waktu yang sama yaitu 24 jam sehari. Seseorang yang menepati janji dan tepat waktu menunjukkan bahwa dia adalah seseorang yang memiliki kemampuan mengatur sesuati paling terbatas tersebut.
Kemampuan menepati janji adalah kunci dari semua keberhasilan, terutama keberhasilan berbisnis dan berinteraksi. Memberikan perhatian lebih terhadap waktu merupakan pencerminan dari respek terhadap diri sendiri dan kolega dan mitra kerja kita.

6.       Senang Melayani dan Memberi
Sebuah rumus sukses dari orang-orang sukses adalah mampu memimpin. Namun, sikap paling mendasar dari sikap kepemimpinan adalah kebiasaan melayani dan memberi. Keikhlasan sendiri merupakan kunci untuk sifat ini.
Kebaikan yan lain akan terus mengalir tanpa henti saat kita mampu memberi dan melayani dengan ikhlas. Dengan memberi dan melayani, berarti menunjukkan kepada teman dan rekan kita betapa suksesnya diri kita sehingga membuat orang lebih yakin bermitra dan bergaul dengan diri kita.

7.       Membuka Diri
Kita mungkin pernah bertemu dengan orang sukses yang selalu mau tahu urusan pribadi orag lain. Namun, dia terus menutup diri. Orang seperti itu biasanya hidup dalam ketakutan, kecurigaan, dan selalu berprasangka buruk kepada siapa saja yang dijumpainya. Sikap ini tidak dimiliki oleh banyak orang sukses.
Rasa percaya dan kebesaran hari untuk membuka diri terhadap orang lain merupakan cermin kita nyaman dengan diri sendiri dan tidak ada yang perlu ditutup-tutupi. Itulah ciri orang sukses.

8.       Jarang Mengeluh
Adalah baik jika kita tidak pernah mengeluh, walaupun suatu hari mungkin kita akan jatuh dan gagal. Hal ini karena setiap kali gagal, itu adalah kesempatan bagi diri kita untuk belajar mengatasi kegagalan itu sendiri sehingga tidak terulang lagi pada kemudian hari.

9.       Berani Menanggung Resiko
Tanpa sikap ini tidak ada kesempatan sama sekali bagi kita untuk menuju kesuksesan. Sebenarnya setiap hari kita menanggung resiko, walaupun tidak disadari sepenuhnya. Jadi, kita tidak perlu khawatir dengan resiko, bukan?

10.   Berpikir Positif
Dengan berpikir postif kita mampu menyemangati diri sendiri untuk berhasil meraih sukses, hal ini karena pada umumnya orang sukses mempunyai cara tersendiri untuk memotivasi diri untuk terus berkarya.

11.   Percaya diri
Orang sukses merasa bahwa mereka berbuat sesuatu untuk dunia. Mereka memandang sebuah dunia yang besar dan ingin memainkan peranan penting di dalamnya.

12.   Menikmati Pekerjaan
Orang sukses selalu melihat pekerjaan sebagai hobi atau kesenangan. Mereka memilih pekerjaan yang dapat memacu semangat berjuang karena orang sukses menyukai tantangan, mereka sangat menikmati proses pencapaian kesuksesan dimanapun mereka berada.

13.   Tidak Pernah Berhenti Belajar
Orang sukses sangat menyadari bahwa ilu pengetahuan tidak pernah berakhir, degan pengetahun yang cukup semakin percaya diri melangkah mencapai kesuksesan.

14.   Tidak Pernah Setengah-Setengah Dalam Bekerja
Orang sukses memiliki semagant membara dan kekuatan penuh untuk mencapai kesuksesan. Selain itu orang sukses juga pandai memanfaatkan waktu dengan baik dalam kemampuan fisik dan mental untuk mencapai kesuksesan.

15.   Lebih Banyak Bertindak Daripada Berpikir
Kesuksesan tidak datang pada orang yang ragu-ragu dan banyak berpikir. Rasa takut tidak berhasil, tidak mempunyai waktu dan lain-lain yang mengecilkan hati ternyata hanya menghasilkan kegagalan kesuksesan akan datang pada orang-orang yang sadar bahwa sesuatu yang ada di sekililingnya merupakan peluang dan kesempatan. Oleh karena itu, jika kita ingin menjadi orang sukses, jangan mempunyai sikap ragu-ragu dan penuh pertimbangan.

16.   Berusaha Memperbaiki Diri
Orang yang berusaha untuk memperbaiki diri adalah tipe orang yang tidak mudah menyerah. Ia juga akan mencari cara untuk memperbaiki diri. Cara memperbaiki diri yang paling membawa hasil adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT dan membaca buku atau literatur. Ingat, kebaikan berbanding lurus dengan kesuksesan sejati, semakin baik pribadi kita maka semakin sukseslah kita.

17.   Berusaha Menjaga Nama Baik Untuk Memperbaiki Diri.
Nama baik akan membentuk citra positif bagi kita di masyarakat sehingga orang lain mau membuka diri dan bekerjasama dengan kita. Dengan demikian, jika kitta ingin menjadi orang sukses, harus berusaha menjaga nama baik kita.

Demikian beberapa ciri Sifat dan Sikap Orang Yang Sukses. Salam sukses semoga bermanfaat.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel