Langkah Melejitkan Usaha, “Peningkatan Mutu Pegawai atau SDM”

gambar hanya ilustrasi

Salam Sukses! Bagaimanakah mempertahankan usaha yang anda rintis agar tetap eksis? Alangkah ruginya perusahaan yang anda dirikan tanpa ada peningkatan dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, sekuat tenaga anda perlu melejitkan usaha demi mencapai tujuan yang diharapkan atau sesuai dengan rencana usaha.

Kualitas suatu produk dan layanan sangat bergantung pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Seandainya kualitas pegawai bagus, produktivitasnya mereka juga akan meningkat. Oleh sebab itu, anda perlu melakukan pembenahan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM.
Ada banyak cara untuk meningkatkan produktivitas pegawai, antara lain kedisiplinan, kerja keras, motivasi, dan keterampilan. Selain itu, penempatan pegawai pada posisi yang sesuai akan membuat mereka lebih produktif. Produktivitas pegawai berhubungan dengan dorongan atau motivasi. Pegawai anda akan lebih terpacu semangatnya seandainya masa depan di tempat kerja lebih menjanjikan atau adanya kejelasan masa depan. Oleh sebab itu, pembinaan pegawai melalui berbagai pelatihan perlu terus ditingkatkan, sehingga mereka merasa memperoleh sesuatu di tempat kerja bukan sekedar gaji.
Untuk melejitkan usaha tersebut yaitu Pentingnya “Peningkatan Mutu Pegawai atau SDM”, sebagai berikut :  
1.      Pelatihan keterampilan yang tepat
Jika ditempat usaha anda mempekerjaan perajin, anda perlu memperhatikan kesejahteraan, tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah pembinaan dan pelatihan keterampilan mereka ini dimaksudkan sebagai upaya peningkatan mutu produk dan layanan konsumen. Pembinaan dalam hal ini dikenal dengan sebagai mentor (baik di lingkungan kerja sendiri maupun mendatangkan ahli dari luar lingkungan kerja). 

2.      Kompensasi pegawai
Sebagai bentuk penghargaan atas usaha keras pekerja, mereka mendapat gaji yang sesuai standar yang berlaku. Oleh sebab itu, pengusaha harus berusaha tepat waktu membayar gaji pekerja. Kesesuaian upah dan ketetapan pembayarannya merupakan motivasi bagi pekerja. Selain itu, berilah kompensasi lain atau bonus jika perusahaan berada pada posisi yang baik atau mendapatkan kelebihan laba. Pada saat menjelang perayaan hari besar seperti idul fitri, bayarkan pula hak mendapatkan tunjangan sesuai waktu dan masa kerja pekerja.

3.      Kenyamanan tempat usaha
Tempat usaha yang aman dan nyaman akan memberikan motivasi kerja sehingga produktivitas dan kualitas produksi tetap sesuai standar. Kenyamanan tempat usaha harus rapi dan bersih sehingga pengelola usaha diharapkan selalu memotivasi pekerjaannya agar menjaga kebersihan dan kerapihan tempat kerja. Jangan lupa pula, penuhi sarana ibadahnya, misalnya mushola yang bersih lengkap dengan fasilitas penunjang ibadah.

4.      Keamanan alat kerja
Alat kerja merupakan perangkat penting dalam produksi sehingga alat kerja perlu dirawat agar tetap awet dan fungsional. Sehabis bekerja, alat kerja itu disimpan rapi ke dalam tempatnya.

5.      Standar operasional kerja
Hal penting yang perlu anda perhatikan setiap pemilik usaha adalah penyusunan standar opersional kerja. Hal ini penting dibuat agar setiap pegawai memahami langkah demi langkah aturan pengerjaan suatu produk. Selain itu karyawan pun akan terus memperhatikan keawetan alat kerja. Dengan adanya standar opersional kerja yang disusun rapi dan diformat ke dalam bentuk buku kecil, dipastikan setiap pegawai mematuhi standar tersebut. Manfaat lain dari standar operasional kerja, yakni anda akan mampu mengontrol mutu produk dan dapat menekan biaya penyusunan alat kerja.

6.      Pentingnya motivasi anda
Kondisi pegawai tidak selamanya prima. Pada kondisi atau waktu tertentu, pegawai anda akan mengalami penurun kinerja. Akibatnya, produksipun ikut menurun. Kondisi ini jika dibiarkan lama tidak baik untuk kelangsungan usaha anda. Anda perlu segera mengatasi hal itu.
Langkah yang perlu anda lakukan adalah melakukan pendekatan kepada pegawai secara personal. Usahakan anda menemukan penyebab menurunnya semangat kerja mereka. Misalnya, kondisi kesehatan pegawai yang tidak baik, persoalan internal keluarganya, atau konflik di lingkungan kerja. Sumber masalah ini perlu segera dicari solusinya sehingga tidak berlangsung lama. Anda pun perlu mengevaluasi keadaan lingkungan kerja, seperti kebijakan kompensasi. Hal sederhana yang berkesan dapat anda lakukan, seperti memberikan pujian prestasi kerja atau mendoakan karyawan yang berulang tahun.

7.      Evaluasi kinerja pegawai
Pegawai memiliki kinerja yang beragam. Oleh sebab itu, anda perlu mengevaluasi kinerja mereka kelebihan dan kekuatan pegawai menjadi hal biasa dalam evaluasi sehingga potensi mereka dapat ditingkatkan. Salah satu cara umum dalam mengevaluasi pegawai adalah mengecek daftar presensi/kehadiran mereka, sikap kerja, sikap terhadap konsumen, dan menilai mutu kerja mereka. Adanya buku keluhan konsumen atau catatan produksi dapat anda jadikan referensi untuk menilai kinerja pegawai. Evaluasi yang anda lakukan bertujuan memacu semangat kerja pegawai.

Demikian Langkah Melejitkan Usaha,Peningkatan Mutu Pegawai”. Salam sukses semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel