Ada 12 Jenis Usaha Untuk Anak-anak Pelajar atau Mahasiswa

loading...
loading...
gambar hanya ilustrasi

Halo Sahabat!!
Hanya mahasiswa kreatif dan berani mencoba yang bisa sukses berbisnis. Masih ingatkah Anda waktu pertama kali masuk ke universitas? Saat menjadi mahasiswa baru, pasti kita akan disuguhkan seminar-seminar oleh pembicara profesional yang telah membuktikan bahwa siapapun bisa sukses. Termasuk Anda, yang adalah mahasiswa pemula.

Kebanyakan dari pembicara di seminar tersebut adalah orang-orang berjiwa bisnis yang tentu saja memberikan Anda bukan hanya kisah mereka dan tips-tips sukses tapi contoh nyata usaha kreatif yang dapat Anda coba sebagai mahasiswa.

1. Berjualan pulsa cocok untuk mahasiswa baru

Sebagai mahasiswa yang baru memulai kehidupan di kampus, bisnis jualan pulsa adalah peluang terbesar. Tentu saja, karena persaingan bisnis ini masih belum terpikirkan oleh sebagian besar mahasiswa baru. Jadi, jika Anda memulainya sejak awal, pelanggan `bisa datang dari mana saja. 

Banyak pelajar yang memang telah mencoba berjualan pulsa dan memang hasilnya sangat memuaskan. Pulsa yang bisa dijual meliputi pulsa seluler, pulsa elektrik dan paket internet. Keuntungan per transaksi bisa sampai Rp1.000 sampai Rp2.500. Untuk memulai berjualan pulsa, modal awal yang dibutuhkan bisa dimulai dari Rp100.000. 



Bagaimana caranya?
a. Carilah server pulsa terbaik

Server pulsa terbaik ditandai dengan proses transaksi yang cepat dan tidak bikin nunggu. Banyak kok aplikasi jual pulsa di android yang harganya bersaing.
Saat saya berjualan pulsa dulu, saya menggunakan aplikasi Payfazz. Karena memang aplikasi ini memiliki kelebihan seperti bisa untuk transfer bank, bisa untuk pembayaran PPOB seperti BPJS, listrik pascabayar dan token listrik.



b. Daftar di Payfazz
Langsung saja download aplikasinya di Playstore dan daftar akun baru. Saat daftar gunakan kode referal WEL7CH9NUR.


c. Top up atau isi saldo

Isi saldo mulai dari Rp100.000 menggunakan bank transfer atau pun melalui Alfamart dan lainnya. 


d. Cari pelanggan

Sebagai mahasiswa pemula, mungkin ini cukup susah. Tapi seperti yang saya katakan, ini adalah peluang usaha yang sangat cocok untuk Anda. Mengapa? Karena selain dapat untung juga untuk kesempatan untuk mendapatkan teman baru yang lebih banyak.

Jika ditekuni, bisnis ini bisa dikembangkan menjadi peluang yang lebih besar dengan membuka konter di kost dan menjual kartu perdana dan kartu data.


2. Jasa fotocopy/percetakan dekat kampus
Kampus adalah lokasi yang cukup strategis untuk model bisnis percetakan. Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata sudah banyak mahasiswa senior yang menjalankan bisnis ini dengan membuka usaha percetakan di dekat kampus.

Mereka melayani jasa pengetikan dan print. Namun bukan hanya itu saja, tidak sedikit dari mahasiswa yang memberi lapangan kerja baru dengan memesan dibuatkan makalah. Tentu ini bukan hal yang patut dicontoh, tapi memang ada lho mahasiswa yang mungkin karena malas atau pun sibuk dan tidak siap membuat makalah.

Untuk memulai bisnis ini, bisa dengan menyewa kost dekat kampus. Namun memang akan sulit untuk memulai bisnis ini seorang diri. Karena itu, Anda butuh beberapa teman untuk bergantian tugas saat ada jam kuliah.
Selain tantangan waktu, modal yang harus dipersiapkan cukup besar, yaitu mesin fotocopy, printer, dan komputer PC.
Tapi bagi pemula, cukup gunakan laptop pribadi dan beli printer second. Dan langsung saja jalankan bisnis ini.
Selain membuka jasa printer dan jasa pengetikan, Anda juga bisa mencari tahu apa saja yang dibutuhkan mahasiswa berkaitan dengan tugas-tugas seperti itu. Seperti ATK, map, dan kertas HVS, atau yang lainnya.

3. Peluang usaha parfum isi ulang

Peluang usaha parfum isi ulang ini juga mendapat perhatian bagi beberapa mahasiswa. Kebutuhan akan produk seperti ini sangat penting untuk menunjang penampilan.
Untuk harga parfum isi ulang tergantung dari merek parfum. Harganya bisa dimulai dari Rp25.000 sampai ratusan ribu rupiah. Tentu saja, harganya harus sesuai dengan budget mahasiswa pada umumnya.

Untuk memulainya, Anda bisa belajar meramu parfum isi ulang dan mendapatkan aroma wangi yang khas dan memberinya label berdasarkan aroma tersebut. Jadi, nanti Anda bisa memberi sampel jenis parfum di botol untuk memudahkan orang dalam memesan parfum.
Untuk cara promosi, selain membawa beberapa contoh sampel ke kampus bisa dengan cara promosi yang lebih halus. Contohnya memakai parfum yang aroma wanginya beda dan datang ke tengah-tengah teman yang sedang berkumpul. Pasti banyak yang akan menanyakan jenis parfumnya jika memang bagus.

3. Ternak akun adsense yang menguntungkan

Bisnis ternak adsense inilah yang telah membuat saya berhasil ganti laptop. Awalnya, saya pun tidak menyangka kalau jual adsense bisa seberuntung ini.
Bagaimana tidak, saat itu saya hanya kepikiran untuk membuat blog pribadi yang berpenghasilan. Tapi karena blognya stagnan dan tidak berkembang, maka saya jual aja blognya dengan akun adsense. Dan setelah ditelusui lebih lanjut, ternyata banyak yang mencari akun adsense. 
Pada tahun 2017 itulah, saya memulai berjualan akun adsense sampai sekarang ini. Meskipun aturan dari Google semakin ketat, bisnis ini tetap cocok dijalankan untuk siapapun, tidak terkecuali mahasiswa.
Untuk harga akun adsense saat ini bisa mencapai angka Rp350.000,- per akunnya. Untuk membuat akun adsense yang dibutuhkan hanya blog dan akun gmail. 
Modal yang dibutuhkan sebenarnya bisa gratis tapi akan lebih cepat dan mudah jika menggunakan domain TLD untuk ternak akun adsense.
Namun lain dulu lain sekarang. Saat ini sudah banyak peternak adsense jadi agak kesulitan mencari pembelinya.

4. Menjadi freelancer penulis artikel online

Bisnis online tanpa modal yang tidak hanya cocok untuk mahasiswa tapi juga ibu rumah tangga adalah menjadi penulis artikel online.

Banyak yang membutuhkan jasa tulis artikel. Tidak terkecuali situs besar seperti portal-portal berita online maupun blog milik master SEO.

Contoh situs yang terbukti membayar artikel dengan mahal adalah Idntimes dan Babe News yang menggunakan sistem views atau seberapa banyak yang baca artikel dan Brilio dan Jalantikus yang membayar artikel dengan harga yang fantastis saat berhasil terbit.
Jika dulu menerbitkan artikel di Jalantikus sangat sulit, bagi yang terbiasa menulis pasti akan sangat mudah membuat konten yang langsung di approve di situs-situs besar tersebut.
Selain itu, Anda bisa juga mencari peluang kerja online penulis artikel di situs Sribulancer dan Freelancer. Di sana banyak yang mencari jasa penulis artikel. 
Bagi Anda yang memiliki sedikit pengetahuan tentang SEO, silahkan tawarkan jasa penulisan artikel di Ads.id. Situs tersebut adalah forum online yang bisa dibilang cukup terbesar tempat berdiskusinya para master Blogger dan internet marketing.

5. Usaha Sampingan Reseller/Dropship

Bisnis sejuta umat ini pastinya termasuk bisnis yang paling banyak dilakoni mahasiswa. Mulai dari jualan produk kosmetik, produk kesehatan, produk fashion sampai aksesoris jam tangan.

Reseller atau dropshipper menjadikan usaha sampingan terpopuler karena bisa dikatakannya modalnya sangat kecil bahkan tanpa modal sama sekali.


Tips memulai usaha sampingan reseller untuk mahasiswa pemula
1. Menentukan produk yang akan dipilih. Caranya bisa dengan melihat keadaan di kampus dan melakukan riset produk yang kemungkinan laris untuk dijual
2. Mencari supplier produk dan mempromosikannya. Untuk menjadi dropshipper, bisa dimulai dari berjualan produk di sosial media Facebook.

Jika Anda seorang reseller jam tangan, ada baiknya Anda promosi dengan menggunakan jam tangan tersebut ke kampus. Teknik-teknik marketing yang tepat pasti dapat melariskan produk yang dijual.

6. Jasa Desain Grafis dengan Ide Kreatif
Mahasiswa disebut sebagai agen perubahan yang kreatif. Untuk membuktikan hal tersebut, banyak mahasiswa yang akhirnya menyediakan jasa desain grafis sebagal ide bisnis kreatif yang menguntungkan.
Kemampuan dasar untuk menjadi desainer grafis adalah bisa menggunakan Photoshop dan CorelDraw. Tidak perlu khawatir, Anda yang baru di dunia desain grafis dapat dengan mudah belajar desain di Youtube atau pun di blog. 

Beberapa peluang usahan desain grafis yaitu membuat desain undangan, kartu nama, dan sebagainya. 

Jika ingin bekerja freelancer, bisa dengan mencari kontes logo di situs 99designs.com. Tapi tentu saja, Anda harus menguasai teknik desain seperti pemilihan warna yang cocok dalam desain dan 
Semakin kreatif desain, semakin mudah menjualnya. Perlu diketahui bahwa dalam desain itu tidak ada yang abstrak. Semuanya memiliki tema. So, jangan sembarangan bikin desain jika ingin mendapatkan penghasilan yang besar.

7. Menjadi Fotografer Pemula

"Seribu langkah diawali dengan satu langkah, profesional berawal dari seorang amatir." Kata-kata tersebut sangat ampuh untuk mahasiswa pemula yang kurang percaya diri dalam berbisnis.


Menjadi fotografer pemula merupakan salah satu ide bisnis sekaligus peluang yang menjanjikan bagi mahasiswa.

Tidak perlu takut jika hasil jepretan kamu masih belum bagus. Teruslah mengasa kemampuan fotografi dengan belajar mengambil sudut yang tepat.
Untuk memulai usaha ini, kita hanya butuh kamera digital DSLR, baik Nikon atau Canon. Sebaiknya sih, pilih kamera yang memang berkualitas. Meskipun banyak yang berpendapat bahwa kamera bagus jika yang gunakan tidak tahu hasilnya akan tetap sama.
Padahal, kamera yang memang berkualitas memiliki beberapa kelebihan dan sangat membantu pemula dalam mengambil gambar yang sempurna. Selain itu, kamera DSLR termasuk barang elektronik yang mahal. So, saat punya kesempatan, lebih baik beli yang paling bagus dan cocok dengan budget.
Dari mana memulai menghasilkan uang dari hasil fotografi? Kamu bisa memulainya dengan menjual hasil jepretan di Shutterstock atau situs lainnya.

8. Bisnis Event Organizer Cocok Untuk Mahasiswa Pemula

Event Organizer (EO) merupakan bisnis yang juga cocok untuk mahasiswa. Itu lho, bisnis yang menjadi penyelenggara suatu acara dengan mempersiapkan alat-alat yang untuk menunjang kesuksesan suatu acara.


Namun yang perlu diperhatikan, bisnis event organizer ini juga membutuhkan kerja tim. Karena itu, mulailah dengan mencari teman-teman yang sepikiran dan merencanakan bussiness plan kedepannya.

Menjadi Event Organizer bisa di mulai dari acara kecil-kecilan dengan menjadi panitia acara-acara kampus, perayaan ulang tahun, atau anniversary.
Apa yang harus dipersiapkan oleh EO? Mulai dari tempat, dekorasi, komsumsi, sampai dokumentasi dan semua yang menunjang keberlangsungan acara merupakan tugas dari Event Organizer.


9. Memulai dari Blogger Pemula Menuju Profesional Blogger
Tidak ingin berbisnis dengan tim dan mau bisnis mandiri yang dijalankan sendiri?
Cobalah menjadi seorang blogger. Mungkin awalnya kamu hanya seorang blogger pemula yang menulis hal-hal yang berkaitan dengan masalah pribadi dan dunia kuliah tapi seiring berjalannya waktu dan ditambah bumbu SEO dalam tulisan, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi seorang Blogger profesional.

Menjadi blogger dan memiliki website blog yang berpengunjung merupakan usaha yang cukup menjanjikan sampai beberapa tahun ke depan. Bahkan bisa sampai seumur hidup, lho.

Banyak cara menghasilkan uang dari blog, selama blog kamu bagus dan perpengunjung. Mungkin kita tidak asing lagi dengan penghasilan blogger dari publisher adsense dan affiliate merketing. Bagi kamu yang juga memiliki kemampuan di bidang SEO, bisa membuka jasa backlink.
Seperti contohnya di blog Mastimon yang menawarkan jasa backlink. Bayangkan saja, harga untuk satu link Rp100.000,- Bukan harga yang mahal tentunya untuk blog sekelas Mastimon yang tampilan blognya bisa sampai ratusan ribu per hari.
Selain Mastimon, beberapa contoh blogger yang berhasil membangun blognya dari nol adalah Moglogger. Bahkan modal yang dibutuhakan hanya membeli domain TLD dan juga template premium berbayar.
Kamu sebagai mahasiswa pastinya memiliki wawasan yang luas untuk dituangkan di dalam blog. Selain bermanfaat untuk banyak orang juga bisa berpenghasilan ratusan ribu rupiah per harinya.
Berapa visitor per harinya untuk bisa menghasilkan uang dari blog Indonesia? Untuk tampilan blog biasanya cukup 20 ribu per hari untuk bisa gajian rutin dari Adsense per bulan. Tergantung niche atau topik blog juga sih. Beberapa contoh blogger yang sukses seperti Asri Tadda, Mastimon, dan yang terbaru Mogloger serta masih banyak contoh blog lainnya. Pastinya Anda juga pernah mendengar penghasilan blogger luar bernama Linda Ikeji yang menghasilkan uang fantastis dari blognya.


10. Jasa SEO Berpenghasilan Puluhan Juta
Pengalaman dari blogger dan studi-studi kasus menaikkan artikel ke halaman pertama telah mengantarkan banyak orang menjadi Master SEO yang berpenghasilan puluhan juta.


Tentu saja, kamu sebagai mahasiswa yang sering berpikir kritis cocok untuk bersaing di bisnis jasa SEO. Tapi tentu saja, kritis tidak cukup untuk menaikkan artikel ke halaman 1 pencarian Google.



Beberapa situs untuk belajar SEO yang cocok untuk pemula adalah Omblogging, Sugeng, dan IrvanTaufik. Mereka semua adalah para Master SEO yang telah berpengalaman dan membagikan banyak tutorial bermanfaat bagi kamu yang mau belajar SEO.

Optimasi SEO untuk website banyak dibutuhkan oleh pelaku bisnis UKM yang sedang trend go online. Sebagai mahasiswa, belajar SEO bisa menjadi pilihan yang tepat daripada tinggal bingung di kost tanpa kerjaan.


11. Menjadi Youtuber Unik dan Berpendidikan
Mengapa berpendidikan? Kita tahulah bagaimana video-video viral yang beredar saat ini. Mungkin sudah lulus dari segi unik tapi dari segi pendidikan sangat jauh. 


Karena itulah, kamu sebagai mahasiswa dan generasi muda Indonesia harus mampu menciptakan content creator yang menarik perhatian namun tetap memberikan nilai manfaat bagi para suscriber.

Tidak peduli apa kata orang. Jangankan kamu yang pemula, Youtuber sekelas Ria Ricis saja dan Atta Halillintar juga sering mendapat komentar yang kurang enak dari warga net. Karena itu, tidak perlu malu berkarya selama tidak merugikan orang lain dan jadilah sukses seperti nama-nama Youtuber Indonesia tersebut.
Untuk menjadi Youtuber profesional, dibutuhkan totalitas dalam membuat sebuah content. Sedikit tips aja nih, kuantitas kalah jauh dari kualitas. Artinya 1 konten berkualitas lebih berharga dari 10 konten hanya karena mementingkan kuantitas.
Namun jangan karena alasan tersebut kamu juga tidak up to date atau pun takut untuk menjadi Youtuber. Mulai aja dulu, semakin banyak yang komentar semakin banyak pelajaran yang bisa diperoleh.


12. Usaha Kuliner Kreatif Mahasiswa
Kalau usaha yang satu ini sudah banyak dibuktikan oleh mahasiswa pemula sekalipun. Dan tidak sedikit pemula yang berhasil sukses dengan usaha kuliner kreatif dengan omzet puluhan juta sampai milyaran rupiah.
Untuk memulainya, kamu sebagai mahasiswa bisa berjualan dekat kampus dengan menawarkan jajanan murah dan kreatif. Bisa dengan dimulai dari jual makanan ringan dan minuman.

Namun tentu saja, untuk membuat usaha ini menjanjikan, dibutuhkan usaha dan kreatifitas yang tinggi di tengah usaha kuliner yang menjamur. Bagaimana caranya? Mulai dari membuat brand yang unik dan mudah diingat. Semakin bagus produk, semakin mahal harga brand dan branding pun lebih mudah dilakukan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel