5 Trik dan Cara Membuat Iklan Lowongan Kerja yang Baik dan Menarik
Kamis, Februari 21, 2019
gambar hanya ilustrasi |
loading...
loading...
Salah satu metode untuk mendapatkan kandidat karyawan yang
masih sering digunakan hingga sekarang adalah dengan membuat iklan lowongan
kerja. Metode dengan membuat iklan lowongan bisa dibilang masih efektif,
walaupun sekarang telah banyak metode-metode lainya seperti Mencari Kandidat Karyawan Melalui LinkedIn ataupun
jasa headhunter.
Namun ternyata membuat iklan lowongan kerja itu tidak semuda
apa yang dibayangkan sebelumnya. Jika anda membuat iklan lowongan kerja yang
tidak benar, maka dapat menyebabkan kerugian untuk anda sendiri, seperti :
Kandidat karyawan yang tidak sesuai kriteria, jumlah kandidat pelamar yang
sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali kandidat yang ikut melamar.
Maka dari itu, agar anda dapat mengurangi resiko membuat
iklan lowongan kerja yang salah, mari perhatikan 5 tips trik menulis iklan
kerja yang baik dan menarik banyak kandidat karyawan terbaik.
Buat judul iklan lowongan kerja dengan 5 kata
Tidak ada gunanya membuat judul lowongan kerja yang sangat
panjang, justru itu membuat kandidat karyawan menghiraukan iklan anda. Buatlah
judul iklan lowongan kerja dengan jelas namun singkat dan padat, maksimum hanya
dengn 5 kata saja. Pastikan isi dari judul lowongan kerja yang anda buat adalah
nama posisi yang sedang anda atau perusahaan cari. Judul iklan yang singkat dan
jelas akan menarik banyak kadidat karyawan, karena tidak butuh waktu lama untuk
mereka memahami iklan lowongan kerja anda.
Buatlah Deskripsi singkat tentang pekerjaan dan perusahaan
Setelah kandidat karyawan anda telah tertarik melihat judul
iklan anda yang jelas, jangan lupa untuk memberi penjelasan singkat mengenai
pekerjaan yang ditawarkan dan tentang perusahaan anda. Sebuah deskripsi yang
baik tentang pekerjaan dan perusahaan itu adalah deskripsi yang dibuat tidak
lebih dari 40 kata saja. Deskripsi disini digunakan untuk memberikan pemahaman
secara singkat tentang posisi yang sedang ditawarkan dan tentang perusahaan
anda. Isi dari deskripsi pekerjaan juga bisa tentang lingkup kerja dan tipe
kontrak kerja yang ditawarkan.
Tuliskan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi kandidat
karyawan
Hal yang paling tidak boleh dilupakan dalam membuat iklan
lowongan pekerjaan adalah menuliskan persyaratan yang diperlukan bagi kandidat
karyawan. Walaupun anda ditutut untuk dapat membuat syarat-syarat lengkap,
sebaiknya buatlah syarat yang memang diperlukan saja. Syarat-syarat yang tidak
terlalu banyak dan tidak merepotkan, akan membuat mereka senang untuk melamar
di perusahaan anda. Maka dari itu pastikan jika syarat-syarat yang anda
berikan, tidak lebih dari 7 point saja.
Jangan lupa untuk mencantumkan lokasi penempatan kerja
kandidat karyawan nantinya
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Headway Capital,
didapatkan hasil yang memperlihatkan jika 57 persen kandidat karyawan,
menjadikan lokasi kerja sebagai pertimbangan penting sebelum mengirim lamaran
pekerjaan. Maka dari itu, pastikan anda menuliskan lokasi kerja atau dimana
kandidat akan ditempatkan jika nantinya diterima pada perusahaan anda.
Dengan mencantumkan lokasi bekerja, tim HR atau rekrutmen
akan diuntungkan karena tidak lagi perlu menyeleksi kandidat karyawan yang
tidak cocok bekerja, karena masalah lokasi tempat yang tidak sesuai. Hal ini
karena saat mereka melihat iklan anda dan dilihatnya lokasi bekerja tidak
cocok, maka tidak akan ada lagi niat kandidat untuk melamar. Selain hemat
waktu, pastinya dengan menyeleksi orang-orang yang sesuai kualifikasi akan
membuat biaya rekrutmen semakin murah.
Tuliskan cara kandidat karyawan melamar pekerjaan yang
ditawarkan
Dan terakhir, pastikan anda jangan sampai lupa untuk
mencantumkan bagaimana kandidat karyawan dapat mengirim lamaran pekerjaanya.
Anda bisa bayangkan jika iklan lowongan pekerjaan dibuat dengan judul dan isi
yang sangat menarik perhatian banyak kandidat karyawan, namun tidak ada satupun
intruksi bagaimana cara mengirim lamaran ke perusahaan anda. Pastinya dengan
begitu iklan lowongan pekerjaan anda akan sangat sia-sia saja dibuat.
Jika karyawan yang melamar boleh melalui email, maka
tuliskanlah alamat email yang akan dituju. Begitu pula jika harus mengirim
kekantor anda langsung, jangan lupa untuk memberikan alamat kantor anda dengan
jelas. Pastikan juga dalam iklan lowongan kerja yang anda buat, telah
mencantumkan tanggal batas akhir penerimaan surat lamaran pekerjaan.
Cukup sekian pembahansan artikel ini yang berjudul “5 Trik
Menulis Iklan Lowongan Kerja yang Baik dan Menarik”. Semoga artikel ini dapat
berguna untuk anda dan perusahaan anda, terutama dalam hal mencari kandidat
karyawan terbaik.