4 Konsep utama Dalam Pembuatan Ide Advertising
Kamis, Februari 07, 2019
Nah, Jika Sahabat mempunyai ide dalam membuat advertising atau iklan, pahami dahulu 4 konsep utama dibawah ini :
1. By Target Audience
Iklan yang dibuat
ditentukan kepada siapa iklan tersebut ditujukan, contohnya PT Coca Cola
Company di Indonesia memiliki kategorisasi usia konsumen remaja, maka iklan
yang disajikan adalah iklan yang memperlihatkan keceriaan remaja.
2. By Purpose
Kebanyakan iklan
berbenatuk desain kegiatan komersial untuk mempromosikan produk atau jasa
tertentu yang ditawarkan perusahaan. Contohnya, iklan produk cair Rinso yang
didalam iklannya menjelaskan bahwa produknya dapat menghilangkan noda yang
sukar dibersihkan dengan beberapa langkah mudah.
3. By Medium
Iklan menggunakan
medium media massa untuk menyebarkan pesannya kepada khalayak. Beberapa media
massa yang ssering digunakan advertising, seperti televisi, radio, koran,
majalah, poster dan media luar ruangan lainnya, sinema, media baru atau media
sosial. Contohnya, saat ini Facebook, Twitter atau juga instagram digunakan
untuk beberapa produk beriklan.
4. By Geografic Region
Disebagian negara,
beberapa media lokal memungkinkan pengiklan membatasi cakupan geografis daerah
yang sangat sempit. Ini mungkin mencakup sebuah desa atau kota, mungkin juga
daerah produk atau jasa tertentu tersedia. Contohnya iklan sampo sunsilk di
Indonesia berbeda iklan yang ada di Thailand, baik dari model yang memerankan
maupun cara pengemasan pesan iklan.
Demikian hal-hal
yang harus diperhatikan ketika membuat ide iklan. Semoga bermanfaat!