9 Jenis Advertising Yang Biasa Dilakukan Oleh Publict Relation


Nah Sahabat, Berikut Jenis Advertising Yang Biasa Dilakukan Oleh Publict Relation :
1. Institutional Advertising
Institutional Advertising adalah sebuah iklan yang bertujuan untuk memperkenalkan organisasi atau mengumumkan identitas baru dari suatu perusahaan pada khalayak sasaran. Tujuannya adalah untuk menarik investor, meningkatkan reputasi perusahaan atau menarik simpati masyarakat dengan cara melibatkan perusahaan dalam kegiatan masyarakat.

2. Financial Advertising
Financial Advertising adalah iklan yang digunakan oleh perusahaan untuk menunjukkan perkembangan baru kondisi keuangan perusahaan pada masyarakat. Tujuan lain Financial Advertising adalah untuk menciptakan kondisi beli dan jual dari pemegang saham.

3. Issues Advertising
Issues Advertising adalah kegiatan periklanan yang digunakan sebuah atau beberapa organisasi untuk memperlihatkan pada masyarakat tentang masalah-masalah sosial di masyarakat serta penanggulangannya.

4. Advocacy Advertising
Advocacy Advertising adalah iklan yang digunakan untuk meningkatkan frekuensi dalam memengaruhi pendapat masyarakat melalui kegiatan diskusi publik.

5. Political Advertising
Political Advertising adalah iklan yang digunakan calon politikus untuk mendapatkan banyak dukungan organisasi masyarakat. Dukungan organisasi tidak hanya dalam bentuk uang, tetapi juga dukungan moril untuk meningkatkan citra calon politikus dimata masyarakat.

6. Crisis Advertising
Crisis Advertising adalah kegiatan periklanan yang melibatkan print ads, atau media massa untuk menyamaikan informasi dari perusahaan kepada masyarakat mengenai masalah yang terdapat di masyarakat dan penggulangan masalah tersebut oleh perusahaan.

7. Event Advertising
Event Advertising  adalah kegiatan periklanan untuk mempromosikan kegiatan organisasi LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) melalui acara-acara tertentu dengan mengundang masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyampaikan kegiatan organisasi serta menggalang dana dan dukungan partisipasi masyarakat.

8. Public Service Announcement
Public Service Announcement adalah menyampaikan informasu sosial melalui  billboard atau bentuk lain media massa (koran, majalah dan tv). Kegiatan publikasi dibiayai perusahaan media iklan. Penyampaian informasi sosial kepada masyarakat bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam menciptakan kehidupan sosial yang lebih baik.

9. Public Service Advertising
 Public Service Advertising adalah bentuk iklan yang berbeda dengan bentuk iklan tradisional. Iklan tradisional menginformasikan atau menjelaskan produk barang atau jasa secara langsung kepada masyarakat. Sedangkan perusahaan yang melakukan Public Service Advertising tidak hanya menjelaskan produk barang atau jasa, tetapi juga menginformasikan kegiatan perusahaan yang dapat meningkatkan reputasi mereka.

Demikian jenis-jenis advertising atau iklan yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat! (sumber : buku advertising and branding)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel