9 Jenis Advertising Yang Biasa Dilakukan Oleh Publict Relation
Kamis, Februari 07, 2019
Nah Sahabat,
Berikut Jenis Advertising Yang Biasa
Dilakukan Oleh Publict Relation :
1. Institutional Advertising
Institutional Advertising adalah sebuah iklan yang bertujuan untuk
memperkenalkan organisasi atau mengumumkan identitas baru dari suatu perusahaan
pada khalayak sasaran. Tujuannya adalah untuk menarik investor, meningkatkan
reputasi perusahaan atau menarik simpati masyarakat dengan cara melibatkan
perusahaan dalam kegiatan masyarakat.
2. Financial Advertising
Financial Advertising adalah iklan yang digunakan oleh perusahaan untuk
menunjukkan perkembangan baru kondisi keuangan perusahaan pada masyarakat.
Tujuan lain Financial Advertising adalah
untuk menciptakan kondisi beli dan jual dari pemegang saham.
3. Issues Advertising
Issues Advertising adalah kegiatan
periklanan yang digunakan sebuah atau beberapa organisasi untuk memperlihatkan
pada masyarakat tentang masalah-masalah sosial di masyarakat serta
penanggulangannya.
4. Advocacy Advertising
Advocacy Advertising adalah iklan yang digunakan untuk meningkatkan
frekuensi dalam memengaruhi pendapat masyarakat melalui kegiatan diskusi
publik.
5. Political Advertising
Political Advertising adalah iklan yang digunakan calon politikus untuk
mendapatkan banyak dukungan organisasi masyarakat. Dukungan organisasi tidak
hanya dalam bentuk uang, tetapi juga dukungan moril untuk meningkatkan citra
calon politikus dimata masyarakat.
6. Crisis Advertising
Crisis Advertising adalah kegiatan periklanan yang melibatkan print ads, atau media massa untuk
menyamaikan informasi dari perusahaan kepada masyarakat mengenai masalah yang
terdapat di masyarakat dan penggulangan masalah tersebut oleh perusahaan.
7. Event Advertising
Event Advertising adalah
kegiatan periklanan untuk mempromosikan kegiatan organisasi LSM (Lembaga
Swadaya Masyarakat) melalui acara-acara tertentu dengan mengundang masyarakat
untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Tujuan kegiatan ini adalah untuk
menyampaikan kegiatan organisasi serta menggalang dana dan dukungan partisipasi
masyarakat.
8. Public Service Announcement
Public Service Announcement adalah menyampaikan informasu sosial
melalui billboard atau bentuk lain media massa (koran, majalah dan tv).
Kegiatan publikasi dibiayai perusahaan media iklan. Penyampaian informasi
sosial kepada masyarakat bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam
menciptakan kehidupan sosial yang lebih baik.
9. Public Service Advertising
Public
Service Advertising adalah bentuk iklan yang berbeda dengan bentuk iklan
tradisional. Iklan tradisional menginformasikan atau menjelaskan produk barang
atau jasa secara langsung kepada masyarakat. Sedangkan perusahaan yang
melakukan Public Service Advertising tidak
hanya menjelaskan produk barang atau jasa, tetapi juga menginformasikan
kegiatan perusahaan yang dapat meningkatkan reputasi mereka.
Demikian
jenis-jenis advertising atau iklan
yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat! (sumber : buku advertising and
branding)